Senin, 22 Maret 2010

TOLERANSI ANTAR AGAMA

TOLERANSI ANTAR AGAMA

Toleransi antar agama adalah merupakan perilaku yang sangat penting untuk selalu dibina dan saling dilestarikan, karena dengan saling bertoleransi akan tercipta kasih sayang yang bersifat menyeluruh untuk semua mahluk. Rosulullah SAW sendiri telah memberikan contoh kepada kita semua agar saling bertoleransi dalam membina kehidupan sehari-hari.
Pada masa hidupnya Rosulullah SAW telah melakukan hubungan jual-beli dan saling memberi dengan non muslim. Hal ini diterangkan dalam hadits yang diriwayatkan Imam Bukhari dalam kitab"Al-Maghazi" No. hadits 4467.
فعن عائشة رضي الله عنها قالت: توفي النبي صلى الله عليه وسلم ودرعه مرهونة عند يهودي بثلاثين. يعني: صاعا من شعير
Artinya: Dari Aisyah RA. Dia berkata : Nabi telah memberikan baju besinya kepada seseorang yahudi sebagai gadai dari 30 sha’ gandum.

Selain itu Nabi juga berkenan menerima hadiah dari non muslim, dan dari situlah para ahli fiqih berpendapat boleh menerima pemberian hadiah dari semua kelompok baik dari kalangan muslim maupun non muslim bahkan sampai mereka yang memerangi umat Islam. Diterangkan dalam kitab Al-Mughni juz 13 hal 200.
ويجوز قبول هدية الكفار من أهل الحرب لأن النبي صلى الله عليه وسلم فبل هدية المقوقس صاحب مصر
Artinya: Boleh menerima hadiahnya non muslim ahli harb, karena Nabi SAW menerima hadiah dari Makukis penguasa Mesir". (Kitab Al-Mughni, Ibnu Qudamah, juz13 hal. 200).

Sikap dan kepribadian Rosulullah SAW adalah sangat pemaaf bahkan beliau memaafkan para musuhnya yang pernah memerangi beliau. Hal ini sangat nampak pada masa pembukaan kota Makkah, dimana beliau telah memaafkan kaum quraisy Makkah dengan mengatakan Pergilah dan kalian orang-orang yang dibebaskan. Diterangkan dalam Kitab Sirah Nabawiyah, Ibnu Hisyam, cet. Darul Ihya' Turats Al-Araby, juz 4 hal 61 dan dalam kitab Nail al-Author juz 12 hal 263.

وَمِمَّا احْتَجَّ بِهِ الشَّافِعِيُّ مَا وَقَعَ فِي سُنَنِ أَبِي دَاوُد بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ عَنْ جَابِرٍ " أَنَّهُ سُئِلَ : هَلْ غَنِمْتُمْ يَوْمَ الْفَتْحِ شَيْئًا ؟ قَالَ : لَا " وَيُجَابُ بِأَنَّ عَدَمَ الْغَنِيمَةِ لَا يَسْتَلْزِمُ عَدَمَ الْعَنْوَةِ لِجَوَازِ أَنْ يَكُونَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنَّ عَلَيْهِمْ بِالْأَمْوَالِ كَمَا مَنَّ عَلَيْهِمْ بِالْأَنْفُسِ حَيْثُ قَالَ : " اذْهَبُوا فَأَنْتُمْ الطُّلَقَاءُ " .

Rosulullah SAW. Juga menyuruh untuk menyambung tali persaudaraan meskipun berbeda agama. Dimana Rasulullah menyuruh Asma' binti Abu Bakar untuk menyambung hubungan dengan ibunya yang agamanya berbeda dengannya. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab"Al-Hibbah" bab "Al-Hadyah lil musyrikin" No. 2620.dan dalam Tafsir al-Qurtubi juz 8 hal 94.

قالت أسماء: يا رسول الله، إن أمي قدمت علي راغبة وهي مشركة أفأصلها ؟ قال: (صلي أمك) خرجه البخاري.

Artinya: Asma' bertanya kepada Nabi: Ya Rosulullah sesungguhnya ibuku mengasihiku adapun ibu saya itu adalah seorang musyrikah apakah saya harus berbuat baik kepadannya? Nabi bersabda: berbaktilah kepadanya / berdoalah untuknya.
Rosulullah SAW yang mulia juga pernah mendo'akan non muslim. Diantaranya adalah:
1. Beliau mendo'akan seorang non muslim bernama Daus, hal ini diterangkan dalam kitab Shahih Bukhari bab "Al-Jihad was Sair" No.2779, dalam kitab Shahih Muslim bab "Fadlailus Shahabah" No.2524, dan dalam kitab Imam Ahmad juz 2 hal 353.
فقد قدم الطفيل بن عمرو الدوسي وأصحابه فقالوا: يا رسول الله إن دوسا قد كفرت وأبت فادع الله عليها، فقيل: هلكت دوس - ظنا بأن النبي صلى الله عليه وسلم إنما رفع يديه للدعاء عليها - فقال صلى الله عليه وسلم اللهم اهد دوسا وائت بهم
2. Beliau mendo'akan ibunya Abu Hurairah yang berbeda agama, diterangkan dalam Shahih Muslim kitab "Fadlailus Shahabah" bab "Min fadlail Abi Hurairah" No. 2491.
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: كنت أدعو أمي إلى الإسلام وهي مشركة فدعوتها يوما فأسمعتني في رسول الله صلى الله عليه وسلم ما أكره فأتيت رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا أبكي قلت: يا رسول الله إني كنت أدعو أمي إلى الإسلام فتأبى علي فدعوتها اليوم فأسمعتني فيك ما أكره فادع الله أن يهدي أم أبي هريرة فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم ( اللهم اهد أم أبي هريرة )، فخرجت مستبشرا بدعوة نبي الله صلى الله عليه وسلم فلما جئت فصرت إلى الباب فإذا هو مجاف فسمعت أمي خشف قدمي فقالت: مكانك يا أبا هريرة وسمعت خضخضة الماء قال فاغتسلت ولبست درعها وعجلت عن خمارها ففتحت الباب ثم قالت: يا أبا هريرة أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله قال فرجعت إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم فأتيته وأنا أبكي من الفرح
3. Beliau juga mendo'akan orang-orang Yahudi yang sedang bersin, diterangkan dalam Shahih Bukhari "Adab" no.5870, sunan Abi Dawud juz 14 bab"Adab" No.5033, dan dalam Imam Ahmad juz 3 hal 353.

حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِى شَيْبَةَ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ حَكِيمِ بْنِ الدَّيْلَمِ عَنْ أَبِى بُرْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَتِ الْيَهُودُ تَعَاطَسُ عِنْدَ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- رَجَاءَ أَنْ يَقُولَ لَهَا يَرْحَمُكُمُ اللَّهُ فَكَانَ يَقُولُ يَهْدِيكُمُ اللَّهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ.
Artinya: Di ceritakan dari Utsman bin Abi Syaibah dari Waqi' dari Sufyan dari Hakim bin al-Dailami dari Abi Burdah dari ayahnya dia berkata ada seorang yahudi yang bersin di samping Nabi SAW karena dia berharap supaya Nabi berdoa untuknya Yarhamuka Alloh, maka Nabi berdoa untuknya Yahdikumulloh Wayushlikhu baalakum.

Mendo'akan non muslim adalah sesuai dengan ketentuan syara' dan merupakan keagungan gambaran toleransi dalam Islam yang memandang manusia dengan pandangan hormat dan membantu. Dalam do'a adalah menarik hati orang yang di do'akan dan setiap orang ingin mendapatkan do'a yang baik. Dalam hal ini Ibnu Abbas mengatakan,
قال ابن عباس رضي الله عنه لو قال لي فرعون: بارك الله فيك قلت: وفيك، وفرعون قد مات
Artinya: Kalau Fir'aun mendo'akanku; semoga Allah memberkatimu. Maka saya mendo'akan juga; semoga Allah memberkatimu. Tapi Fir'aun sudah mati.
Diriwayatkan oleh Imam Bukhari "Adab Mufrad" bab "Kaifa yad'u lidzimmy", lihat "Shahihul Adab Al-Mufrad" Al-Baniy hal.72 no. hadits 95.

Tidak ada komentar: