Senin, 22 Maret 2010

Perbedaan Itu Rahmat

PERBEDAAN ITU ROHMAH MEMBAWA NI’MAH DAN BAROKAH
(MENANGGAPI PERBEDAAN BERBAGAI METODE PEMBELAJARAN AL-QUR’AN)

Sa’ad bin Uffair bercerita kepadaku (Imam Bukhori) dia berkata, al-Laits telah bercerita kepadaku al-Laits berkata, Uqoil bercerita kepadaku dari Ibnu Syihab dia berkata, Urwah bin Zubair bercerita kepadaku sesungguhnya Miswar bin Makhromah dan Abdurrohman bin Abdul Qori telah bercerita kepada Urwah bin Zubair sesungguhnya keduanya mendengar bahwa Umar bin Khottob berkata “Saya telah mendengar Hisyam bin Hakim membaca surat al-Furqon dimasa hidup Rosulullah SAW. Saya (Sayyidina Umar) telah mendengar bacaan Hisyam, ketika itu dia membaca berbagai huruf (model bacaan) yang tidak pernah dibacakan/diajarkan oleh Rosulullah SAW kepadaku (Sayyidina Umar), maka aku mendekat menghampiri Hisyam dalam sholat dan aku menunggunya sampai dia salam lalu aku menyeret Hisyam dengan surbannya kemudian aku bertanya “Siapa yang membacakan/mengajarkan surat yang telah aku dengar tadi ketika engkau membaca”. Hisyam menjawab: Rosulullah SAW yang telah membacakan/mengajarkan surat itu kepadaku, lalu Umar berkata: “Engkau berbohong (hai Hisyam), sesungguhnya Rosulullah SAW telah membacakan surat itu kepadaku tidak seperti yang telah engkau baca”.

Setelah itu aku pergi mengajak/menghadapkan Hisyam kepada Rosulullah SAW untuk meluruskan perkara ini dan aku berkata kepada Rosulullah SAW. “Sesungguhnya saya mendengar dari Hisyam, bahwa dia telah membaca surat al-Furqon dengan model/cara yang tidak pernah Engkau bacakan/ajarkan kepadaku”. Rosulullah SAW berkata: “Bacalah dengan tartil wahai Hisyam” lalu Hisyam membacakan surat al-Furqon dengan bacaan seperti yang saya dengar darinya dihadapan Rosulullah SAW. Rosulullah SAW. bersabda “Seperti itulah surat itu diturunkan” kemudian Rosulullah SAW. berkata “bacalah dengan tartil wahai Umar” maka aku membaca surat al-Furqon dengan bacaan yang telah beliau ajarkan kepadaku, lalu Rosulullah SAW bersabda: “Seperti itulah surat itu diturunkan” Sesungguhnya al-Qur’an ini diturunkan atas 7 macam bacaan, Karena itu Bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al Quran.

Kitab Shohih Bukhori Jilid : 03 Hal: 400-401

KESIMPULAN:
Dari hadits di atas terdapat cerminan/uswatun khasanah dari Rosulullah Muhammad SAW. Betapa bijaksananya beliau, menghargai perbedaan, mengayomi umatnya dengan ilmunya yang sap-sap (bertingkat-tingkat dan berlapis-lapis) tanpa membeda-bedakan, menaburinya dengan mutiara akhlakul karimah, berwawasan luas dan bersikap luwes.
Oleh karena itu marilah kita bersama-sama belajar untuk meneladani beliau Nabi Muhammad SAW dengan menghargai perbedaan, tidak saling menghina antara satu dengan yang lainnya, terutama dalam masalah bacaan al-Qur’an, jangan sampai metode yang satu menyalahkan metode yang lain, merasa paling unggul dan paling benar, kita harus mempunyai wawasan yang luas dan bersikap luwes seperti yang telah dicontohkan oleh Rosulullah Muhammad SAW. terhadap Sayyidina Umar RA dan Sahabat Hisyam RA. Dari situlah nanti kita bisa merasakan bahwa perbedaan itu membawa rohmah, ni’mah dan barokah.


MENANGGAPI PERBEDAAN BERBAGAI METODE
PEMBELAJARAN AL-QUR’AN

Kitab Shohih Bukhori Jilid : 03 Hal: 400-401
4992 - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ عُفَيْرٍ قَالَ حَدَّثَنِى اللَّيْثُ قَالَ حَدَّثَنِى عُقَيْلٌ عَنِ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ حَدَّثَنِى عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ أَنَّ الْمِسْوَرَ بْنَ مَخْرَمَةَ وَعَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ عَبْدٍ الْقَارِىَّ حَدَّثَاهُ أَنَّهُمَا سَمِعَا عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ يَقُولُ سَمِعْتُ هِشَامَ بْنَ حَكِيمٍ يَقْرَأُ سُورَةَ الْفُرْقَانِ فِى حَيَاةِ رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَاسْتَمَعْتُ لِقِرَاءَتِهِ فَإِذَا هُوَ يَقْرَأُ عَلَى حُرُوفٍ كَثِيرَةٍ لَمْ يُقْرِئْنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَكِدْتُ أُسَاوِرُهُ فِى الصَّلاَةِ فَتَصَبَّرْتُ حَتَّى سَلَّمَ فَلَبَّبْتُهُ بِرِدَائِهِ فَقُلْتُ مَنْ أَقْرَأَكَ هَذِهِ السُّورَةَ الَّتِى سَمِعْتُكَ تَقْرَأُ . قَالَ أَقْرَأَنِيهَا رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - . فَقُلْتُ كَذَبْتَ فَإِنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - قَدْ أَقْرَأَنِيهَا عَلَى غَيْرِ مَا قَرَأْتَ ، فَانْطَلَقْتُ بِهِ أَقُودُهُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - فَقُلْتُ إِنِّى سَمِعْتُ هَذَا يَقْرَأُ بِسُورَةِ الْفُرْقَانِ عَلَى حُرُوفٍ لَمْ تُقْرِئْنِيهَا . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « أَرْسِلْهُ اقْرَأْ يَا هِشَامُ » . فَقَرَأَ عَلَيْهِ الْقِرَاءَةَ الَّتِى سَمِعْتُهُ يَقْرَأُ » . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ » . ثُمَّ قَالَ « اقْرَأْ يَا عُمَرُ » . فَقَرَأْتُ الْقِرَاءَةَ الَّتِى أَقْرَأَنِى ، فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - « كَذَلِكَ أُنْزِلَتْ ، إِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ أُنْزِلَ عَلَى سَبْعَةِ أَحْرُفٍ فَاقْرَءُوا مَا تَيَسَّرَ مِنْهُ » . أطرافه 2419 ، 5041 ، 6936 ، 7550 - تحفة 10642 ، 10591 - 228/6
__________
معانى بعض الكلمات :
أساور : أواثب وأقاتل
لبب : جمع ثيابه عند صدره ثم جره

Tidak ada komentar: